Minuman Tradisional Indonesia Paling Fresh

Minuman Tradisional Indonesia Paling Fresh

10 Minuman Tradisional Indonesia Paling Fresh

Siapa ngomong konsumsi minuman tradisional Indonesia pada siang hari tidak beri kesegaran. Faktanya ada banyak minuman beri kesegaran ciri khas nusantara.

Dimana bisa Anda konsumsi, di tengah-tengah panas matahari ciri khas negara tropis. Langkah mendapatkan minuman tradisional Indonesia ini tidak susah, sebab terhitung jajanan pasar.

Cendol

Di Jawa Barat, minuman ini dikenali dengan panggilan es Cendol, sedang di Banjarnegara minuman ini disebutkan dengan es Dawet. Ini ialah minuman dingin yang dibuat dari kombinasi tepung honkwe, dan bahan warna daun suji atau pasta pandan, yang dibuat memanjang.

Baca Juga: Makanan khas Arab Ini Sedapnya

Sedang kuahnya dibuat dari serutas es, air gula merah dan santan. Minuman ini paling cocok bila dimakan pada siang hari yang panas. Untuk mendapatkan minuman yang ini tidak susah, Anda bisa mendapati minuman ini dimanapun, baik di pedagang kaki lima, atau di sejumlah restaurant yang menyajikan minuman ciri khas nusantara.

Goyobod

Beberapa dari Anda kemungkinan belum mengenali minuman khas dari Jawa Barat ini. Ini adalah minuman lain ciri khas Jawa Barat, yang pas dimakan saat siang hari. Minuman beri kesegaran ini dibuat dari bermacam jenis bahan, diantaranya potongan honkwe, tape singkong, alpukat, kolang kaling, kelapa muda kerok, dan tape hitam. Sedang untuk kuahnya memakai kombinasi santan, susu, dan air kelapa. Untuk nikmati minuman ini, khususnya saat Anda ada di wilayah Jawa Barat, tidak terlau susah, minuman ini banyak dipasarkan di pedagang kaki lima, atau di sejumlah restaurant spesifik.

Es Pisang Hijau

Ini adalah minuman beri kesegaran ciri khas Makasar. Disebutkan es pisang hijau sebab warna pisang ini hijau, sebab dibalut oleh kulit yang warna hijau. Adonan kulit yang warna hijau ini, didapat dari tepung beras, santan, tepung kanji, dan air daun suji. Sedang bahan isian yang temani es pisang hiaju ini sendiri ialah, bubur sumsum, mutiara sagu / pacar china, kacang tanah yang disangrai, dan beberapa tambahan yang lain. Sedang untuk sauce memakai sirup yang warna merah, ice krim, ice serut dan susu kental manis. Bila dulu, minuman beri kesegaran yang ini cuman bisa Anda cicipi di Makasar, tetapi sekarang, es pisang hijau bisa Anda dapatkan dimanapun.

Es legen

Es Legen, ialah minuman beri kesegaran yang bisa Anda dapatkan di teritori Jawa tengah atau Jawa Timur. Minuman yang ini dibuat dari pohon Siwalan atau juga dikenal dengan pohon lontar. Yang diambil ialah buah sisi dalam dan air dari buah itu. Rasa dari buah itu serupa dengan kolang kaling, sedang rasa air legennya sendiri seperti air kelapa tetapi ada kombinasi raas manis didalamnya. Legen sendiri dengan bahasa Jawa berarti manis,dan sedikit asam. Untuk kurangi rasa asam, umumnya pemetik, membubuhi air kapur dibagian landasan bumbung atau alat yang dipakai untuk ambil legen itu. Anda cuman bisa mendapati minuman ini di sejumlah tempat di Jawa TImur dan jawa tengah seperti s eperti Rembang, Tuban, pati, dan beebrapa wilayah yang lain. Sebab wilayah itu, yang hasilkan legen paling banyak dibanding teritori yang lain.

Es Laksamana Mengamuk

Namanya memang lumayan unik, es Laksamana Mengamuk! Minuman Beri kesegaran ciri khas Riau ini, memang lumayan unik, dan cocok bila dimakan di tengah-tengah angin segar, atau bahkan juga cocok bila dimakan saat berbuka puasa datang. Ada cerita unik dibalik nama minuman yang ini. Dikisahkan, seorang Laksanama tengah mengamuk, dalam suatu kebun mangga kweni. Pemicunya, istri si Laksamana kedapatan berselingkuh, dengan pemilik kebun. Sebab jumlahnya buah mangga kweni yang berjatuhan, warga seputar selanjutnya mengambilnya dan menambahnya dengan beberapa bahan yang lain, sampai terbentuklah satu minuman yang beri kesegaran. Es Laksamana Mengamuk ini terdiri dari serutan buah mangga kweni, selasih, serutan kelapa, dan beberapa bahan yang lain, sedang kuahnya dibuat dari santan, susu dan air gula putih. Tidak susah, mendapati minuman beri kesegaran ini saat Anda ada di wilayah Riau.

Es Nona

Kata Nona benar-benar sama dengan seorang wanita muda, tetapi bila dengar kata es Nona, karena itu Anda akan mendapati minuman beri kesegaran yang elok ciri khas wilayah Pontianak. Ini adalah minuman beri kesegaran yang legendaris dari wilayah itu. Adapun bermacam bahan yang ada pada minuman ini, diantaranya kacang merah, potongan pepaya (potongan papaya ini awalnya telah dipendam sama air kapur, hingga membuat struktur yang renyah), pacar china, tapai singkong, dan potongan roti tawar. Selaku sauce atau kuah, ditambah serutan es, dan susu kental manis, tentu saja ini bisa menjadi minuman yang beri kesegaran. Anda bisa dengan gampang mendapati minuman ini, saat ada di wilayah Pontianak.

Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang ini adalah minuman tradisionil Indonesia dari wilayah Betawi atau Jakarta. Minuman yang ini benar-benar cukup susah ditemukan. Walau begitu, Anda bisa mendapati minuman ini di kafe atau pusat belanja di Jakarta. Yang harus dipahami, ini adalah pusaka kulineran ciri khas nusantara yang telah ada semenjak jaman dulu. Adapun bermacam bahan yang ada pada minuman ini, anatra lain, potongan tepung beras yang digabung sama air, dan dibuat kotak-kotak, selanjutnya dikukus, dengan kuah dari gula merah, garam, gula pair, santan, dan daun pandan.

Es Kacang Merah

Bila Anda memikir jika kacang merah cuman bisa dipakai selaku sayur karena itu Anda salah! Ada 2 wilayah di Indonesia, persisnya di Palembang dan Manado, di mana kacang merah ini disihir jadi satu minuman fresh menarik, yang rasanya tidak kalah beri kesegaran dibanding minuman yang lain ada. Yang membandingkan di antara es kacang merah yang berada di kota Manado dan Palembang berada pada bahan yang dipakai. Untuk es kacang merah ciri khas Palembang, memakai sirup coco pandan, hingga warna es nya jadi merah. Sedang es kacang mrah ciri khas Manado, memakai susu kental manis coklat. Yang jelas, ke-2 wilayah ini masih memakai kacang merah selaku bahan khusus. Kacang merah ini sudah direbus sampai empuk dan legit, ini yang membuat es yang ini sangat terasa unik.

Es Pleret

Es Pleret atau gempol Pleret ialah minuman ciri khas Jawa tengah, atau persisnya teritori Blitar. Minuman yang ini mempunyai 2 isian yang paling ciri khas, yakni yang namanya Gempol dan Pleret. Bahan khusus dari minuman ini ialah tepung tapioca, tepung beras dan air. Adonan itu selanjutnya digabung sampai rata, dan nanti akan dibuat jadi bulatan kecil atau digempol, atau Anda bisa membuatnya dengan dipipihkan atau dipleret. Untuk permasalahan warna, Anda bisa memakai beberapa jenis warna,s eperti hijau, merah, dan lain-lain. Supaya lebih nikmat, minuman ini seharusnya dihidangkan dengan siraman kuah santan, sirup cocopandan dan ajakan es batu.

Es Tambring

Berkunjung Bali, tidak komplet bila tidak konsumsi minuman beri kesegaran ciri khas Bali yang benama es Tambring. Dibandingkan minuman beri kesegaran yang lain, minuman yang ini termasuk unik, dibuat dari kombinasi air gula jawa, air kelapa, telur ayam daerah yang diambil putihnya saja, dan gula pasir seperlunya. Yang unik, meskipun minuman ini memakai putih telur, tetapi tidak tercium wewangian amis sedikitpun. Bagaimana Anda ketarik konsumsi satu dari minuman tradisional Indonesia itu ?