Hidangan Tradisional Jepang Menarik

33 Hidangan Tradisional Jepang MenarikHidangan Tradisional Jepang Menarik, Saat mengunjungi Jepang, Anda tentu ingin mencicipi masakan Jepang. Ada banyak jenis hidangan dan spesialisasi lokal yg bisa Anda pilih, tetapi Apabila kami memilih beberapa hidangan tradisional yg sangat kami rekomendasikan, itulah yg akan diperkenalkan di bawah ini.

Apabila Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang masakan Jepang, manfaatkan tur online yg diadakan oleh Arigato Japan! Tur ini mencakup penjelasan oleh para ahli memasak, serta tips tentang cara menikmati setiap hidangan.

Baca juga artikel maknana kami yang lain tentang Aneka Makanan Indonesia Populer

Hidangan Tradisional Jepang Menarik

Sushi

Sushi merupakan salah satu hidangan Jepang yg paling terkenal di seluruh dunia. Ini ditawarkan dalam berbagai cara dan harga, mulai dari kaiten-zushi (sushi ban berjalan) yg menghibur, di mana pengunjung bisa menikmati sushi dengan harga yg wajar sekitar 100 yen per piring, hingga sushi Edomae tradisional kelas atas yg sudah lama ada ( Sushi gaya Edo) di mana Anda akan duduk di konter yg tenang untuk makan saat sushi disiapkan tepat di depan mata Anda.

Sushi biasanya mengacu pada hidangan nasi yg diberi cuka dengan sepotong ikan mentah atau kerang, yg disebut neta, di atasnya. Sushi umumnya dimakan dengan kecap dan wasabi, tetapi bagi yg tidak terlalu suka wasabi bisa meminta “sabi-nuki” (artinya “tanpa wasabi”).

Untuk Sushi bisa dimakan dengan sumpit atau langsung dengan tangan. Namun, ada satu hal yg harus Anda waspadai. Saat mencelupkan sushi ke dalam kecap, Anda harus membaliknya dan mengoleskan kecap ke neta, bukan nasi itu sendiri. Hal ini untuk mencegah nasi menyedot kecap terlalu banyak dan menghilangkan rasa asli “neta” itu sendiri.

sashimi

Sashimi merupakan hidangan lain yg harus dicoba. Mirip dengan sushi tetapi tanpa nasi, sashimi merupakan ikan mentah yg diiris menjadi potongan-potongan yg mudah dimakan. Ikan berkualitas tinggi yg ditangkap di seluruh wilayah Jepang menjadikannya pilihan yg tepat tidak peduli apakah Anda mengunjungi Tokyo, Kyoto, atau di mana pun.

Beberapa varietas yg paling umum dan populer merupakan maguro dan varietas tuna lainnya, salmon, mackerel, dan sea bream. Anda juga bisa mencoba kerang, uni, atau bulu babi, dan telur salmon. Cari tahu ikan dan hidangan laut apa yg paling Anda sukai dengan memesan variasi.

Sashimi biasanya dimakan dengan kecap untuk penyedap.  Varietas tertentu, seperti makarel kuda, akan disajikan dengan jahe, bukan wasabi.

Hidangan Tradisional Jepang Menarik: Unagi – Belut Panggang

Unagi, atau belut, merupakan ikan yg banyak ditemukan di sungai. Di Jepang, ini merupakan kelezatan khas dalam santapan Jepang kelas atas. Ada juga banyak restoran kasual yg mengkhususkan diri pada hidangan unagi.  Unadon, hidangan kabayaki di atas nasi putih, juga ditawarkan di tempat-tempat ini.

Hitsumabushi, hidangan khas dari Nagoya, merupakan hidangan tradisional lain yg harus dicoba. Penampilannya mungkin mengejutkan orang––kabayaki yg dipotong di atas nasi putih––tetapi bisa dimakan dengan beberapa cara, seperti dengan bumbu seperti daun bawang dan wasabi, atau sebagai ochazuke dengan menuangkan teh hijau hangat atau kaldu di atasnya. Unagi juga disukai sebagai hidangan kesehatan untuk mencegah kelelahan musim panas karena proteinnya dan karena baik untuk pencernaan.

tempura

Tempura merupakan hidangan yg terdiri dari bahan-bahan seperti hidangan laut, daging, dan sayuran yg dilumuri adonan dan digoreng dengan minyak. Adonan biasanya berisi tepung dan telur. Tempura umumnya dicelupkan ke dalam saus khusus yg disebut tentsuyu sebelum dimakan.

Tentsuyu merupakan saus yg terbuat dari kaldu dari kombu atau bonito kering, mirin, dan kecap yg dicampur dengan perbandingan 4:1:1 dan dimasak. Anda bisa menambahkan jahe atau parutan lobak sesuai selera untuk rasa yg lebih menyegarkan.

Soba (Mie Soba) dan Udon (Mie Gandum)

Setelah merebus mie dalam air panas, mie itu dimakan dengan dicelupkan ke dalam sup dingin, atau dengan menuangkan sup panas di atasnya. Soba dinikmati panas atau dingin, menjadikannya hidangan yg ideal sepanjang tahun.

Udon merupakan hidangan unik yg dikenal dengan mie kentalnya, dan merupakan hidangan tradisional Jepang yg sangat populer. Adonan terbuat dari tepung dan air garam yg diremas dengan baik dan dipotong menjadi mie.

Setelah mie udon direbus dengan air panas, udon dinikmati dengan kuah kaldu seafood, atau dengan kuah dan topping seperti tempura di atasnya. Seperti soba, Anda bisa menikmati udon panas atau dingin. Tidak ada cara khusus untuk makan udon.

Onigiri – Bola Nasi

Anda mungkin pernah mendengar tentang onigiri, atau bola nasi, sebelumnya. Onigiri, juga disebut omusubi, mungkin hanya terlihat seperti nasi biasa, tetapi sering kali memiliki isian gurih di dalamnya dan dibungkus dengan lembaran rumput laut nori yg asin. Mereka dibuat dalam makan siang bento oleh keluarga dan sering terlihat dijual di toko serba ada dan supermarket. Ini merupakan pilihan klasik untuk camilan atau hidangan ringan.

Rasa umum untuk onigiri termasuk rumput laut, acar plum (umeboshi), salmon, dan serpihan bonito. Meskipun Anda bisa membuat onigiri sendiri dan membelinya dengan harga murah, ada restoran yg menawarkan onigiri yg bisa Anda nikmati sambil duduk, dibuat dengan tangan oleh koki dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Onigiri Asakusa Yadoroku di Tokyo merupakan salah satu restoran yg telah menerima bintang Michelin untuk nasi kepalnya yg lezat.

Yakitori – Tusuk Sate Ayam Panggang

Yakitori merupakan hidangan populer di mana ayam dipotong kecil-kecil, kemudian ditusukkan ke tusuk sate bambu dan dipanggang. Ini sering ditemukan di menu izakaya dan restoran kasual, menjadikannya pilihan yg baik untuk keluar malam di Jepang bersama teman-teman. Apalagi Apabila dipadukan dengan alkohol. Juga, Apabila Anda pergi ke festival Jepang, ada kemungkinan besar kedai hidangan akan menjual hidangan klasik ini.

Yakitori dipesan di restoran dengan bagian ayam. Anda juga akan menemukan jenis daging dan sayuran lainnya di tusuk sate. Biasanya dibumbui sedikit dengan garam saat datang, jadi ambil gigitan pertama tanpa menambahkan bumbu tambahan. Anda bisa makan langsung dari tusuk sate.

Sukiyaki

Sukiyaki dimasak dalam wajan besi yg dangkal, secara tradisional dinikmati pada musim gugur dan musim dingin di Jepang. Ini menjadi populer di Jepang sekitar abad ke-19. Dibuat di rumah dan tersedia di menu di restoran, ini merupakan hidangan yg ingin Anda coba saat Anda mendambakan sesuatu yg hangat.

Sukiyaki dibuat dengan beberapa bahan berbeda, seperti irisan tipis daging sapi, daun bawang, tomat, jamur, dan tahu. Pengunjung menyiapkan hidangannya sendiri dengan memanggang bahan-bahannya di dalam panci setelah menuangkan beberapa tetes saus sukiyaki. Setelah bahan-bahannya matang sempurna, untuk menyantap sukiyaki dengan cara konvensional, Anda mencelupkan daging atau sayuran ke dalam mangkuk berisi telur yg sudah dikocok.

Hasilnya merupakan hidangan lezat dan memuaskan yg cocok dengan nasi dan akan menghangatkan Anda dari dalam ke luar selama hari-hari yg dingin.