About Us

Makanan Enak Indonesia Terbaik, adalah surganya pecinta kuliner — ya, kami telah mengatakannya! Selalu dikenal dengan rempah-rempahnya tetapi bersama dengan sejarah kolonial Belanda, negara ini memiliki masakan nasional yang benar-benar unik.

Dari restoran kelas atas hingga pedagang kaki lima yang ramai, masakan Indonesia akan membuat lidah Anda ngiler. Bingung mau makan apa di perjalanan? Sebagai permulaan, berikut adalah daftar 12 makanan Indonesia terbaik yang akan menggelitik lidah Anda!

1. Gudeg

Gudeg adalah hidangan dalam masakan Indonesia yang membutuhkan sedikit kesabaran. Favorit nasional ini sedikit manis, seperti kebanyakan makanan yang berasal dari Jawa Tengah, berkat nangka manis yang menjadi bahan utamanya. Buah ini direbus dalam campuran santan, gula aren dan rempah-rempah lokal selama beberapa jam, menghasilkan hidangan yang sangat empuk. Ini adalah pilihan yang bagus untuk vegetarian, atau minta koki untuk memasukkan beberapa ayam atau kulit sapi goreng untuk sedikit protein tambahan. Hidangan ini juga enak disajikan dengan nasi padang dan telur rebus.

2. Babi guling

Indonesia adalah negara berpenduduk mayoritas Muslim, jadi daging babi sulit didapat. Namun, hidangan babi panggang ini adalah makanan pokok besar dalam masakan Bali (Bali adalah pulau yang sebagian besar beragama Hindu).

Sebelum dipanggang, daging babi direndam dalam air kelapa dan dilumuri dengan rempah-rempah seperti cabai, bawang putih, kunyit, dan jahe, sehingga hidangan ini memiliki rasa yang benar-benar unik. Akan sulit menemukan babi guling di luar Bali, jadi nikmatilah selagi berada di sana! Hidangan ini sering disajikan dengan nasi, salad daging dan sayuran yang disebut lawar, dan bahkan beberapa kulit babi yang renyah dan jeroan goreng (jika Anda cukup berani untuk mencoba).

Cobalah hidangan lezat ini di Total Bali Food Tour yang akan membawa Anda dari sawah hingga jajanan kaki lima yang penuh cita rasa. Waktu terbatas tetapi masih ingin makan seperti orang lokal? Tur Jalan Makan Lokal Bali akan sempurna untuk Anda.

3. Nasi goreng

Nasi goreng adalah nasi goreng versi unik Indonesia dan juga hidangan nasional negara itu. Anda tidak akan menemukan sesuatu yang seperti itu ketika mengunjungi negara-negara lain di Asia. Nasi gorengnya cukup sederhana tapi sangat enak.

Nasi kukus hampir tenggelam dalam kecap kental yang disebut keycap dan dibumbui dengan cabai, terasi, bawang merah, bawang putih dan saus tomat. Beberapa koki juga dapat menambahkan protein — seperti ayam, domba, babi, telur, atau daging sapi — dan sayuran lain seperti jamur, kol, dan mentimun. Anda tidak akan menemukan dua resep yang sama di dua dapur mana pun!

4. Sate

Sate sebagian besar terdiri dari daging yang ditusuk yang dimasak di atas bara. Kipas panas digunakan untuk meniup asap, memberi mereka rasa yang benar-benar unik. Sate sate bisa dibuat dari ayam, kambing, kambing atau kelinci dan biasanya disajikan dengan berton-ton sambal kacang pedas dan lontong (ketupat).

Daging biasanya direndam dalam bumbu yang berbeda sebelum dimasak. Anda dapat menemukan hidangan lezat ini cukup banyak di mana saja di Indonesia dan Anda pasti akan senang melakukannya setelah gigitan pertama.

5. Siomay

Suka dim sum Cina? Nah, ketemu versi Indonesia. Siomay adalah makanan pokok tradisional Indonesia, pada dasarnya pangsit ikan yang disajikan dengan kentang kukus, kubis, dan telur. Celupkan mereka ke dalam saus kacang rebus untuk rasa yang benar-benar otentik. Anda akan menemukan penjual yang menjual siomay di hampir semua sudut jalan di Indonesia, jadi Anda tidak akan pernah kelaparan dengan favorit baru ini!

Jika Anda ingin mencoba makanan Cina di Indonesia, kami mendengar bahwa Chinatown di Jakarta adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Cobalah hidangan lokal Cina seperti perut babi hingga nasi hainam dalam tur ini.

6. Bakso

Salah satu jajanan kaki lima terbaik Indonesia lainnya, bakso adalah kuah bakso yang gurih. Baksonya lembut dan kenyal, terbuat dari daging ayam, sapi, babi, atau bahkan kombinasi ketiganya. Anda biasanya akan disajikan bakso Anda dengan nasi atau mie telur, telur rebus (dilapisi dalam campuran yang sama adalah bakso), beberapa cabai dan beberapa bawang goreng. Beberapa koki juga melempar tahu! Lengkapi semuanya dengan kecap manis untuk favorit yang lezat. Ini makanan yang cocok untuk seorang presiden — karena Presiden Obama mengklaim ini adalah salah satu hidangan favoritnya di Indonesia!

7. Sop buntut

Sop buntut adalah sop buntut yang lezat. Makanan Indonesia ini banyak ditemukan di Jawa Barat dan terdiri dari irisan buntut yang digoreng atau dibakar dalam kuah bening. Hidangan ini umumnya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, merica, pala, dan cengkeh, tetapi koki yang berbeda akan membumbuinya dengan caranya sendiri. Beberapa sayuran lezat yang bisa ditambahkan ke dalam sup antara lain kentang rebus, wortel, tomat, seledri, daun bawang, dan bawang merah. Untuk benar-benar mengeluarkan rasa, gerimis sedikit jeruk nipis atau lemon di atasnya.

8. Martabak

Sudah cukup dengan hidangan gurihnya? Martabak untuk menyelamatkan! Makanan manis khas Indonesia ini adalah panekuk khas negara ini, biasanya diisi dengan apa saja mulai dari cokelat dan kacang hingga keju. Pikirkan krep tetapi lebih tebal. Camilan manis ini hanya dijual di sore dan malam hari, jadi Anda mungkin harus menunggu camilan tengah malam untuk mencoba yang satu ini.

9. Rendang daging sapi

Jika Anda penggemar kari, Anda pasti menyukai semangkuk rendang daging sapi. Makanan Indonesia ini mirip dengan kari daging sapi, tapi tanpa kuah. Terbuat dari daging sapi potong dadu tebal dan empuk yang dimasak perlahan dalam kuah santan dan rempah-rempah selama beberapa jam. Ini bukan sesuatu yang akan Anda temukan di mana saja, karena dibutuhkan kesabaran dan keterampilan untuk membuat rendang daging sapi yang enak. Hal ini terutama dimakan di wilayah Padang Sumatera Barat dan biasanya disajikan dengan nasi.

Jika Anda baru mengenal masakan Indonesia, maka wisata kuliner ke Jalan Sabang ini adalah cara yang tepat untuk memperkenalkan diri. Cicipi rendang daging sapi yang lezat dari barat serta kue ikan khas dari Sumatera selatan.

10. Pempek

Hidangan pempek konon mendapatkan namanya dari seorang pria Tionghoa yang pertama kali menyajikan makanan di Palembang, Sumatera Selatan. Pempek adalah kue ikan dan tapioka, tersedia dalam berbagai rasa, bentuk dan ukuran.

Variasi yang paling populer disebut kapal selam, yang berarti kapal selam, dan ada telur di tengahnya. Taburi pempek Anda dengan sedikit bubuk udang dan celupkan ke dalam beberapa cuka (saus berwarna gelap yang terbuat dari cuka, cabai dan gula) untuk cita rasa masakan Indonesia yang terbaik.